Apakah benar Asteroid Akan Tabrak Bumi pada 8 Mei 2020? Ini Keterangan Lapan

Posted on

Beberapa warganet menanyakan info ada asteroid yang akan menabrak Bumi pada 15 Ramdhan 1441 H atau pada 8 Mei 2020.

“Ada yang tahu gak informasi OFFICIAL yang katakan ada asteroid yang akan nabrak bumi 8 May 2020/15 Ramadhan? I can’t find any, ” bertanya account @Rayaaap

“Horor dengarkan kabar ingin ada asteroid tgl jumat 8 mei 15 ramadhan. Bismillah ya Allaah. Horor tetapi kita hanya dapat berdoa serta pasrah” tutur account @dwitastyf

“Buat temen2 ni sebatas informasi saja, tetapi belom tahu kepastinnya yaa buat jaga2 saja sang.hari Jum’at 8 mei 2020 jam 4:48 WIB diprediksikan akan berlangsung jatuhnya asteroid apollo.

Lalu, benarkah akan ada asteroid yang akan menabrak Bumi?

Penjelasan LAPAN

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Benarkah Asteroid Akan Tabrak Bumi pada 8 Mei 2020? Ini Penjelasan Lapan”, https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/05/203559565/benarkah-asteroid-akan-tabrak-bumi-pada-8-mei-2020-ini-penjelasan-lapan?page=1.
Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Virdita Rizki Ratriani

Kompas.com mengontak Kepala Instansi Penerbangan serta Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin. Faksinya mengemukakan, info itu tidak betul. “Jelas hoax. Tidak ada asteroid yang akan menabrak Bumi, ” jelas Thomas.

Selanjutnya dia menerangkan beberapa asteroid cuma lewat pada jarak aman yaitu semakin jauh dibanding jarak Bumi-Bulan.

Selain itu, Emmanuel Sungging Oke, Periset dari Pusat Sains Antariksa (Pusainsa) Instansi Penerbangan serta Antariksa ( LAPAN) menjelaskan hal sama. “Tidak benar. Beberapa asteroid yang mempunyai potensi beresiko telah kami muat di situs LAPAN, ” tutur ia pada Kompas.com Selasa (5/5/2020).

Asteroid akan mendekati Bumi

Selain itu merilis dari Web Pusat Sains Lapan, disebut pada pertengahan Ramadhan akan ada asteroid yang dekati bumi yaitu Asteroid 2016 HP6 serta Asteroid 2009 XO. Asteroid 2009XO akan dekati bumi pada Kamis, 7 Mei 2020 jam 12.17 Universal Time atau malam 15 Ramadhan 1441 H jam 19.17 WIB. Asteroid itu memiliki ukuran bertambah cepat serta lebih besar dibandingkan Asteroid 2016 HP6 serta akan ada pada jarak 3, 4 juta km.. Simak juga: Bukan Asteroid Penyebab Kiamat Berkaitan dengan hal itu, Sungging menerangkan, asteroid merapat ke Bumi cuma lewat dengan jarak aman. “Ia (Asteroid 2009 XO) merapat Bumi dengan jarak 4X jarak bumi-bulan, jadi masih relatif aman, ” jelas Sungging. Sungging menerangkan, kecuali tidak menabrak Bumi, asteroid itu pun tidak akan memunculkan efek apa saja.

Berkaitan dengan hal itu, Sungging menerangkan, asteroid merapat ke Bumi cuma lewat dengan jarak aman. “Ia (Asteroid 2009 XO) merapat Bumi dengan jarak 4X jarak bumi-bulan, jadi masih relatif aman, ” jelas Sungging. Sungging menerangkan, kecuali tidak menabrak Bumi, asteroid itu pun tidak akan memunculkan efek apa saja.

Selanjutnya dia menjelaskan, pergerakan asteroid ada yang ada dalam orbit khusus, ada pula yang bergerak liar. Asteroid yang bergerak liar berikut yang selanjutnya perlu dicermati untuk Prospek Hazard Obyek (PHO) serta harus terus-terusan dipantau. Asteroid XO sendiri termasuk juga asteroid yang dipandang mempunyai potensi beresiko, namun dia mengemukakan ada program internasional selalu untuk memperhatikan asteroid-asteroid yang punyai kekuatan mencelakakan Bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *