Facebook
Langkah Dewan Pengawas Facebook Hindari Content Negatif di Waktu Depan

Langkah Dewan Pengawas Facebook Hindari Content Negatif di Waktu Depan

Posted on

Langkah Dewan Pengawas Facebook Hindari Content Negatif di Waktu Depan. Jakarta – Facebook membuat Oversight Board untuk memantau content negatif dengan cara global. Bagaimana kelak aksi penangkalannya, akan dinanti pemakai.

Facebook Oversight Board ini dipublikasikan 7 Mei 2020. Mereka terbagi dalam 20 anggota ahli berdiri sendiri dari penjuru dunia. Indonesia diwakilkan oleh wartawan senior Endy Bayuni. Sosial media garapan Mark Zuckerberg ini sudah lama dinilai berkaitan penebaran content negatif. Dari mulai hoaks, ajaran kedengkian, pornografi, kekerasan, terorisme, radikalisme dan lain-lain.

Menurut Endy saat interviu dengan detikINET, dewan pengawas ini akan bertindak selaku mahkamah banding. Bila pemakai telah melapor ke Facebook, tetapi tidak senang dengan ketetapan pada content yang disampaikan, kasusnya akan dibawa ke Oversight Board. Umumnya di antara minta content khusus dihapus, atau menuntut penghilangan content oleh Facebook.

” Pekerjaan kita mengasih referensi kebijaksanaan pada content Facebook. Kan telah ada community standar, itu cukup bagus tetapi dapat diperbarui, ” kata Endy pada detikINET, Jumat (15/5/2020).

Yang namanya aduan banding, pasti untuk mengakhiri permasalahan yang terjadi. Tetapi menurut Endy, hal tersebut sekaligus juga jadi seperti jurisprudensi untuk insiden sama di waktu depan, untuk aksi penjagaan. ” Kelak penerapan ketetapan dari kita bisa menjadi preseden untuk beberapa kasus selanjutnya, ” jelas editor senior Jakarta Post ini.

Facebook Oversight Board menurut Endy harus lihat nilai yang berlaku universal di semua negara tempat Facebook bekerja. Dewan pengawas menurut Endy saat ini masih juga dalam step persiapan serta menyiapkan semua faktor tehnis.

” Akhir September atau awal Oktober kita siap untuk terima masalah, ” kata Endy. Ingat ya, pemakai Facebook harus tetap memberikan laporan content aduan ke Facebook dahulu. Jika tidak senang dengan ketetapan Facebook, baru dilaporkan ke Oversight Board.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *