Lonjakan Trafik Internet Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia
Anjuran pemerintah untuk melakukan aktivitas dari rumah semasa epidemi Covid-19 membuat akses service telekomunikasi naik.

Lonjakan Trafik Internet Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia

Posted on

Anjuran pemerintah untuk melakukan aktivitas dari rumah semasa epidemi Covid-19 membuat akses service telekomunikasi naik.

Ini terutamanya untuk service internet, mengingat banyak warga yang perlu kerja serta belajar dari rumah dengan cara online.

General Manajer Eksternal Corporate Communications, Aldin Hasyim. Mengutarakan semenjak warga serta aktor industri mulai jalankan anjuran pemerintah untuk melakukan aktivitas dari rumah. Sampai sekarang Telkomsel menulis kenaikan lalu lintas komunikasi spesial service internet paling tinggi capai 18 %.

“Semenjak awal keadaan genting nasional Covid-19, kami sudah pastikan kualitas jaringan yang sempurna di daerah residensial, Rumah Sakit Referensi serta Rumah Sakit Genting COVID-19, dan lakukan mengantisipasi dengan memaksimalkan peranan semua spektrum besar yang dipunyai, yaitu frekwensi 900, 1800, 2100, serta 2300 Mhz, dengan suport tehnologi paling depan seperti 4G LTE, yang telah ada di semua BTS yang mencapai teritori itu,” papar Aldin, Rabu (29/7/2020).

Head of Eksternal Communication XL Axiata, Henry Wijayanto, sampaikan hal sama. Tetapi, semenjak akhir Mei sampai sekarang ini lalu lintas service di jaringan XL Axiata condong mulai melandai.

“Diawal-awal epidemi Covid-19 khususnya semenjak pemberlakukan kegiatan kerja serta belajar dari rumah, lalu lintas service memang pernah alami kenaikan yang relevan seputar 15-20 %, tetapi semenjak akhir Mei sampai sekarang ini lalu lintas service condong mulai melandai untuk efek epidemi yang berkelanjutan serta memengaruhi daya membeli warga,” jelas Henry.

Sekarang ini, tuturnya, pihak XL Axiata terus konsentrasi untuk memberi kenyamanan buat warga. Termasuk juga beberapa pelajar serta mahasiswa yang beraktivitas belajar dengan cara online. Perusahaan terus tingkatkan kualitas jaringan serta sediakan beberapa pilihan paket service pada harga yang lebih dapat dijangkau.

Unsur Perkembangan Lalu lintas Internet Telkomsel

Lebih lanjut, Aldin merinci beberapa unsur yang berperan dalam kenaikan lalu lintas komunikasi berbasiskan broadband itu. Berikut rinciannya:

– Perkembangan pemakai platform service e-learning: 5.799 %
– Perkembangan pemakai platform service aplikasi pendukung service kerja atau rapat conference: 300 %
– Kenaikan lalu lintas komunikasi service pesan instant (lewat Whatsapp, Line, serta Telegram): 33 %
– Kenaikan lalu lintas komunikasi service game online bertambah sebesar 61 %
– Adanya kenaikan lalu lintas komunikasi service streaming video seperti lewat Youtube serta MAXstream: 23 %

Suport untuk pelajar

Semenjak awal epidemi, operator mobile bergerak pro aktif untuk memberikan dukungan kesibukan warga. Beberapa program pendukung dikeluarkan, spesial paket internet yang dengan cara spesial mengarah pasar pelajar.

Telkomsel serta XL Axiata, contohnya, termasuk juga operator mobile yang menolong pelajar menyesuaikan dalam ikuti pelajaran dengan cara online dari rumah. Beberapa paket pendukung juga dikeluarkan.

Belakangan ini, Telkomsel kembali lagi mendatangkan ide baru untuk memberikan dukungan kesibukan evaluasi jarak jauh, khususnya masuk waktu Tahun Ajaran baru 2020/2021, dengan mengeluarkan Paket ilmupedia E-Learning Sesi.

XL Axiata barusan meluncurkan paket “Xtra Edukasi”. Paket dibandrol Rp 2.000 untuk 2GB serta masa aktif satu hari, Rp 4.000 untuk 5GB masa aktif tiga hari, serta Rp 10.000 untuk 15GB semasa 7 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *