Kartu Pra Kerja
Pemicu Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Belum dibuka

Pemicu Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Belum dibuka

Posted on

Update Kartu Pra Kerja : Pemicu Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 Belum dibuka. Pendaftaran kartu Pra Kerja Gelombang 4 tidak segera dibuka sampai sekarang, berlangsungnya backlog atau tumpukan peserta jadi fakta penting, Selasa (12/5/2020).

Genap 12 hari pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang ke 4 tidak segera membuka semenjak ditutupnya pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang ke 3 pada Kamis (30/4/2020). Melihat pelakasanaan pada Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang I sampai III, Pendaftaran Kartu Pra Kerja dibuka di hari Senin serta ditutup di hari kamis setiap minggunya

Pendaftaran Kartu Pra

Tetapi, sampai selasa ini belum juga ada waktu tentu kapan pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 4 dibuka. Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky, membuka suara tentang pemicu pendaftaran Kartu Pra Kerja gelombang 4 tidak segera dibuka

Dikutip dari artikel Kompas Berjudul ” Banyak Peserta Kartu Prakerja Belum Bisa Stimulan, Ini Pemicunya, ”
Panji menjelaskan jika sekarang berlangsung backlog atau tumpukan peserta gelombang I serta II yang belum dibayarkan stimulan pasca-pelatihannya.

Manajemen Pelaksana (Proyek Management Office/PMO) program Kartu Prakerja mengaku ada kekurangan sumber daya dalam prosoes pengecekan data untuk mencairkan dana stimulan pasca-pelatihan peserta Kartu Prakerja

Karena ada backlog, karena itu PMO juga tunda pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 4. Sekarang, PMO masih konsentrasi untuk mengakhiri proses pencairan stimulan peserta, meningkatkan skema supaya proses itu tidak lagi dilaksanakan dengan cara manual.

Mudah-Mudahan Telah Dituntaskan

Mengenai tentang informasi pendaftaran kartu pra kerja gelombang 3, Panji menjelaskan jika proses penyeleksian peserta dengan cara acak gagasannya akan selesai ini hari, serta diambil seputar 224. 000 peserta dari yang semula 300. 000 peserta.

” Secepat-cepatnya jika gelombang III telah masuk ke flow (untuk dapat terhubung training), ini menjadi keseluruhan peserta 456. 000 ditambah 224. 000, itu akan masuk lagi bakclog. Jadi mudah-mudahan telah dituntaskan, jika nambah backlog serta ini belum usai, dapat meningkatkan beban serta semakin lamban untuk proses pencairan stimulannya, ” katanya.

Untuk diketahui, Penerapan program kartu pra kerja ini jadi salah satunya rangsangan untuk menolong warga hadapi epidemi COVID-19 atau virus Corona yang sedang menggempur Indonesia sekarang.

Penerapan Kartu Pra Kerja adalah penerapan Perintah Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 mengenai Re-focusing Pekerjaan, Realokasi Budget, dan Penyediaan Barang serta Layanan untuk Pemercepatan Perlakuan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Pemegang Kartu Prakerja

Keseluruhan pertolongan yang akan didapatkan oleh setiap pemegang kartu prakerja sejumlah Rp 3. 550. 000 untuk ongkos training serta stimulan. Mengenai, perincian stimulan yang akan diterima oleh pemegang kartu pra kerja akan ikuti pola seperti berikut.

  1. Saldo Training sejumlah Rp. 1. 000. 000,
  2. Stimulan bulanan sejumlah Rp. 2. 400. 000 (Diberikan Rp. 600. 000 Perbulan)
  3. Stimulan pemenuhan survey Rp. 150. 000 (50. 000 per survey).

Contoh Kartu Pra Kerja
Contoh Kartu Pra Kerja (kolase Instagram @prakerja. go. id)
Langkah Daftar Kartu Pra Kerja Gelombang IV

1. Membuat account Prakerja

– Masuk ke situs www. prakerja. go. id

– Input nama komplet, alamat e-mail, serta kata sandi baru

– Cek e-mail dari Kartu Prakerja serta turuti panduan untuk verifikasi account e-mail.
Sesudah verifikasi account e-mail sukses, kembali pada situs Prakerja

2. Isi data diri

– Masuk ke account dengan alamat e-mail serta kata sandi yang baru dibikin

– Input nomor KTP serta tanggal lahir, lalu click ” Selanjutnya “.

– Isi data diri dengan komplet formulir kartu prakerja (nama komplet, alamat e-mail, alamat rumah, alamat bertempat, pendidikan, posisi kebekerjaan, photo KTP, serta photo selfie dengan KTP), lalu click ” Selanjutnya ”

– Input nomor telephone serta code OTP yang diantar lewat SMS

3. Turuti tes Turuti tes motivasi serta potensi fundamen semasa 15 menit.

– Sediakan alat catat serta kertas jika memang perlu

– Nantikan e-mail pernyataan dari Kartu Prakerja sesudah mengakhiri tes

– Sesudah memperoleh e-mail pernyataan, kembali pada situs, serta gabung ke gelombang pendaftaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *