Smartphone Xiaomi Dituding Diam-diam Rekam Aktivitas Pengguna

Posted on

Vendor handphone asal China, Xiaomi ditunjuk sudah diam-diam merekam kesibukan serta kumpulkan data pemakainya. Hal tersebut tersingkap dari pencarian seorang periset keamanan cyber, Gabi Cirlig memakai handphone Redmi Catatan 8 kepunyaannya.

Dalam wawancaranya dengan Forbes, Cirlig menyebutkan jika dia mengetahui kesibukan yang tidak lumrah di handphone Redmi Catatan 8 kepunyaannya. Saat dijelajahi, Cirlig merasakan browser bawaan Redmi Catatan 8 merekam semua situs yang didatangi, folder yang dibuka, sisi monitor yang diusap, posisi bar serta halaman penataan. Semuanya masih dapat dilaksanakan walau pemakai menggunakan model incognito.

Tidak cuma sampai disana, Cirlig mendapatkan jika semua rekaman data kesibukan itu ternyata diantar ke remote server punya Alibaba, yang peluang disewa oleh Xiaomi.

“Ini backdoor yang berperan untuk handphone, ” papar Gabi Cirlig dikutip dari Forbes, Senin (4/5).

Periset keamanan lain, Andrew Tierney, yang diharap Forbes untuk lakukan riset pada masalah yang sama juga membetulkan penemuan Cirlig. Ia mengutarakan jika Mi Browser Pro serta Mint Browser bikinan Xiaomi kumpulkan data yang sama.

Cirlig serta Tierney mendapatkan aplikasi dari Xiaomi kirim data ke beberapa domain yang terkait dengan nama Sensor Analytics. Waktu salah satunya domain di click, situs itu berisi tulisan “Sensor Analytics siap terima data Anda! “.

Kecuali Redmi Catatan 8, Cirlig mengambil firmware untuk beberapa handphone Xiaomi lain seperti Mi 10, Redmi K20, serta Mi Mix 3 yang rupanya mempunyai code browser sama. Cirlig juga berprasangka buruk piranti-perangkat ini merekam kesibukan pemakainya.

Xiaomi menyanggah

Menyikapi penemuan itu, Xiaomi lewat pengakuan di website resminya menyanggah tuduhan ada pengumpulan data pemakai.

Ditekankan jika privacy pemakai serta keamanan internet adalah target utama mereka. Xiaomi juga percaya sudah ikuti ketentuan yang berlaku.

Semua data yang disatukan berdasar izin serta kesepakatan yang diberi dengan cara eksplisit oleh pemakainya. Disamping itu, semua data juga diolah dengan cara anonim serta terenkripsi, dan cuma dipakai untuk analisa internal. Mereka jamin tidak mempertautkan info personal.

“Ini ialah jalan keluar umum yang diadopsi oleh perusahaan internet di penjuru dunia untuk tingkatkan pengalaman pemakai keseluruhannya dari beberapa produk, sekalian jaga privacy pemakai serta keamanan data, ” catat Xiaomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *